Senin, 19 Juli 2010

REFERAT Hipertensi Krisis Pada Anak

BAGIAN ILMU PENYAKIT ANAK
FAKULTAS KEDOKTERAN
2005


BAB I

PENDAHULUAN

Anak bahkan bayi dapat mengalami hipertensi, bahkan penyakit ini dapat menimbulkan kematian. Penting dilakukan deteksi dini dengan pengukuran darah secara rutin pada setiap anak usia 3 tahun ke atas paling sedikit sekali setahun. Hipertensi pada anak dibagi dua kategori, yaitu hipertensi primer bila penyebab hipertensi tidak dapat dijelaskan atau tidak diketahui penyakit dasarnya, biasanya berhubungan dengan faktor keturunan, masukan garam, stres, dan kegemukan. Sedangkan hipertensi sekunder terjadi akibat adanya penyakit lain yang mendasarinya. Dari penelitian selama ini menunjukkan hipertensi pada anak kebanyakan (80%) bersifat sekunder akibat penyakit lain.
Satu sampai tiga dari 100 anak yang diperiksa tekanan darahnya menunjukkan hipertensi dan 0,1% di antaranya merupakan hipertensi berat.
Hipertensi pada anak memerlukan penanganan yang cepat dan adekuat. Keterlambatan tata laksana hipertensi dapat berakibat fatal bagi pasien. Berbeda dengan dewasa, hipertensi pada anak mempunyai kekhususan dalam hal cara pengukuran tekanan darah, kriteria diagnosis hipertensi, dan penyebab hipertensi. Prevalensi hipertensi pada anak diperkirakan 1-3%.

Hipertensi pada anak dapat dibedakan menjadi hipertensi krisis dan non krisis. Hipertensi krisis dapat timbul mendadak tanpa diketahui penyakit sebelumnya atau merupakan akibat hipertensi yang sudah ada sebelumnya. Hipertensi krisis dapat menyebabkan ensefalopati, gagal jantung, gagal ginjal, edema paru, dan retinopati. Penanggulangan hipertensi krisis harus segera dilakukan untuk mencegah kerusakan organ target. Gambaran klinis krisis hipertensi berupa tekanan darah yang sangat tinggi (umumnya tekanan darah diastolik > 120 mmHg) dan menetap pada nilai-nilai yang tinggi dan terjadi dalam waktu yang singkat dan menimbulkan keadaan klinis yang gawat. Seberapa besar tekanan darah yang dapat menyebabkan krisis hipertensi tidak dapat dipastikan, sebab hal ini juga bisa terjadi pada penderita yang sebelumnya normotensi atau hipertensi ringan/sedang. Walaupun telah banyak kemajuan dalam pengobatan hipertensi, namun para klinisi harus tetap waspada akan kejadian krisis hipertensi, sebab penderita yang jatuh dalam keadaan ini dapat membahayakan jiwa/kematian bila tidak ditanggulangi dengan cepat dan tepat. Pengobatan yang cepat dan tepat serta intensif lebih diutamakan daripada prosesur diagnostik karena sebagian besar komplikasi krisis hipertensi bersifat reversibel.

BAB II

HIPERTENSI

1. Definisi

Hipertensi adalah suatu keadaan tekanan darah sistolik dan atau diastolik ≥persentil ke-95 untuk umur dan jenis kelamin pada pengukuran 3 kali berturut-turut. (Hardiono et al,2005)

2. Teknik Mengukur Tekanan Darah

Ø Tekanan darah harus diukur sekali dalam setahun pada setiap anak, sebaiknya menggunakan manometer gravitasi merkuri. (www.emedicine.com). Teknik doppler dan oscilometri dapat digunakan pada bayi infant dan anak lebih kecil yang pengukuran tekanan darah auskultasinya sulit untuk di dapatkan. (Singadipoera,1993)

Ø Manset yang digunakan harus cocok untuk ukuran anak. Bila menggunakan manset yang terlalu sempit akan menghasilkan angka pengukuran yang lebih tinggi, sebaliknya bila menggunakan manset yang terlalu lebar akan memberikan hasil angka pengukuran lebih rendah. (Husein Alatas et al,2002)

Ø Pengukuran yang diulang pada beberapa waktu disarankan untuk memperoleh informasi yang berarti. (www.emedicine.com)

Ø Ukuran Manset yang sesuai sangat penting untuk pengukuran tekanan darah yang akurat. Manset harus cukup panjang untuk mengelilingi lengan dan cukup lebar untuk menutupi kira-kira ¾ panjang dari bahu ke siku. (www.emedicine.com)

Ø Anak yang diukur harus santai atau rileks dan dalam posisi duduk yang nyaman atau posisi supinasi dengan lengan kanan diletakkan sejajar jantung. (www.emedicine.com)

Ø Manset harus dipompa pada tekanan kira-kira 20 mm lebih besar dari pulsasi radius menghilang dan kemudian dikempeskan pada rata-rata 2-3 mmHg perdetik sampai terdengar bunyi suara lembut. (www.emedicine.com)

Ø Bunyi korotkof pertama menunjukkan tekanan sistolik. Fase pertama ini kemudian disusul oleh fase 2 , yang ditandai dengan suara bising (murmur), lalu disusul dengan fase 3 berupa suara yang keras, setelah itu suara mulai melemah (fase 4) dan akhirnya menghilang (fase 5). Fase 4 dan fase 5 biasanya terjadi secara berkesinambungan, dan fase 5 bisa tidak terdengar sama sekali. Pada anak fase 5 sulit didengar, maka fase 4 digunakan sebagai petunjuk tekanan diastolik. The Second Task Force on Blood Pressure Control in Children menganjurkan menggunakan fase 4 sebagai petunjuk tekanan diastolik untuk anak-anak berusia kurang dari 13 tahun, sedang fase 5 digunakan sebagai petunjuk tekanan diastolik untuk anak-anak usia 13 tahun keatas. (Hardiono et al,2005)

Ø Tekanan darah sistolik pada ekstremitas bawah harus diukur saat ketinggian tekanan darah sistolik pada ekstremitas atas yang pertama kali dicatat dan ketika si pemeriksa menemukan amplitudo dari denyut arterial di kaki lebih rendah daripada di tangan. Ketidak sesuaian antara nilai-nilai ini merupakan indikasi koarktasio aorta. Dengan pasien pada posisi supinasi tempatkan manset pada betis. Manset harus cukup lebar untuk menutupi minimal 2/3 dari panjang lutut ke pergelangan kaki. Ultrasound dopler dapat digunakan untuk mendeteksi permulaan aliran darah, menunjukkan tekanan darah sistolik pada posterior tibial ataupun arteri dorsalis pedis. Nilai tersebut harus dibandingkan dengan kesamaan yang didapatkan pada tekanan darah sistolik dopler pada lengan. (www.emedicine.com)

3. Patofisiologi

Tingkat tekanan darah ditentukan oleh keseimbangan curah jantung dan tahanan perifer. Peningkatan pada kedua variabel ini, (dengan tidak adanya penurunan kompensasi diantara salah satunya), hal inilah yang sebenarnya yang meningkatkan tekanan darah. Banyak faktor yang mengatur curah jantung dan tahanan perifer (lihat Tabel 1). Sebagai tambahan, beberapa faktor ini dipengaruhi oleh perubahan dalam elektrolit homeostasis, khususnya peubahan-perubahan dalam sodium, kalsium dan potasium. Pada kondisi normal, jumlah sodium yang diekskresikan dalam urine setara dengan jumlah yang dicerna. Hasilnya hampir tetap dengan volume ekstraselular. Retensi dari sodium meningkatkan volume ekstraseluler yang dihubungkan dengan peningkatan tekanan darah. Lewat keberagaman mekanisme fisik dan hormonal. Pemicu-pemicu ini mengubah Glomerular Filtration Rate dan tubular reabsorption Sodium, menghasilkan ekskresi sodium yang berlebihan dan perbaikan keseimbangan sodium.

Peningkatan konsentrasi intraselular dari kalsium yang diakibatkan oleh perubahan konsentrasi plasma kalsium, meningkatkan kontraktilitas pembuluh darah. Sebagai tambahan, kalsium menstimulasi pelepasan renin, sintesis dari epinefrin, dan aktivitas dari sistem saraf simpatis. Disisi lain peningkatan pengambilan potasium mennsupresi produksi dan pelepasan renin dan menginduksi pengeluaran natrium, oleh karena itu menurunkan tekanan darah. Komplesitas dari sistem tersebut menjelaskan kesulitan pada saat mengidentifikasi mekanisme riwayat hipertensi pada pasien tertentu. Ini menjelaskan mengapa pada sebagian besar pasien, pengobatan lebih kepada faktor regulator daripada penyebab penyakit. (www.emedicine.com)

Tabel 1. Faktor yang mempengaruhi tekanan darah (www.emedicine.com)

Curah Jantung

Tahanan Perifer

Baroreseptor

Volume ekstraseluler

Volume sirkulasi

Atrial Natriuretic hormon

Mineralokortikoid

Angiotensin

Katekolamin

Sistem Saraf Simpatis

Yang membuat tekanan

Angiotensin II

Kalsium (intraseluler)

Katekolamin

Sistem Saraf Simpatis

Yang menurunkan Tekanan

Atrial Natriuretic hormon

Endothelial Relaxing Factors

Kinin

Prostaglandin E2

Prostaglandin I2

4. Batasan Dan Klasifikasi Hipertensi

Tekanan darah normal anak-anak bervariasi, oleh karena banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain umur, jenis kelamin, tinggi, dan berat badan. Dengan bertambahnya umur, berat badan, dan tinggi badan, ikut pula bertambah sampai anak mencapai usia dewasa. Keadaan ini akan berpengaruh terhadap nilai tekanan darah anak. Anak yang lebih berat, dan atau lebih tinggi, mempunyai nilai tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak sebaya yang badannya lebih kurus dan berat badannya kurang.( Husein Alatas et al,2002).Tekanan darah bayi dan anak bergantung pada umur. Makin tinggi umur makin tinggi pula tekanan darahnya, oleh karena itu, penentuan batas tekanan darah disesuaikan dengan umur. Berdasarkan Task Force on Blood Pressure Control in Children, batasan tekanan darah normal dan hipertensi pada anak sesuai dengan kriteria berikut:

  1. Tekanan darah normal: tekanan darah <>
  2. Tekanan darah normal tinggi (high normal atau border line): tekanan darah antara persentil 90 dan 95 berdasarkan umur dan jenis kelamin.
  3. Hipertensi: tekanan darah > persentil 95 dengan pemeriksaan 3 kali berturut-turut, yang dapat dibagi menjadi:
    a. Hipertensi bermakna: jika tekanan darah antara persentil 95-99 berdasarkan umur dan jenis kelamin
    b. Hipertensi berat: jika tekanan darah antara > persentil 99 berdasarkan umur dan jenis kelamin (
    www.idai.or.id)

5. Faktor Yang Mempengaruhi Tekanan Darah Pada Anak

Ras : The Task Force mencatat tidak ada perbedaan tekanan darah antara anak-anak ras kulit hitam dan kulit putih. Namun anak-anak ras kulit hitam pada berbagai usia memiliki tahanan vascular perifer yang lebih tinggi dan sensitifitas tekanan darah terhadap konsumsi garam yang lebih besar dibandingkan anak-anak ras kulit putih.

Jenis Kelamin : Tidak ada perbedaan yang signifikan tekanan darah antara anak laki-laki dan perempuan usia 6 tahun. dari usia tersebut sampai pubertas tekanan darah pada anak-anak perempuan sedikit lebih tinggi dibanding anak laki-laki. Dari pubertas dan seterusnya, pria memiliki tekanan darah sedikit lebih tinggi dibandingkan wanita.

Usia : Tekanan darah dipengaruhi oleh berat dan tinggi badan. Namun hubungan ini tidak menjadi suatu bukti sampai anak menginjak usia sekolah. Data standar yang diterbitkan olehThe Task Force tahun 1987, mempertimbangkan faktor-faktor ini.

Riwayat :

Sejarah yang bisa dipercaya menyediakan petunjuk-petunjuk tentang penyebab hipertensi diantaranya :

  1. Prematuritas
  2. Bronkopulmonary Displasia
  3. Riwayat katerisasi arteri umbilikal
  4. Kegagalan pertumbuhan
  5. Riwayat trauma pada kepala dan abdomen
  6. Penyakit keturunan (misalnya neurofibromatosis, hipertensi)
  7. Pengobatan (misalnya amphetamin, steroid, antidepresan trisiklik, penyalahgunaan obat)
  8. Pyelonefritis

Gejala-gejala yang timbul dan tidak spesifik pada neonatus dan tidak terdapat pada anak-anak yang usianya lebih dewasa kecuali hipertensi berat. Tanda-tanda dan gejala yang harus diwaspadai oleh dokter terdapat dibawah ini :

Neonatus

Anak

Kegagalan Pertumbuhan

Sakit kepala

Serangan yang tiba-tiba

Kelelahan

Lethargy

Penglihatan buram

Respiratory Distress

Epistaksis

Gagal jantung Congestive

Bell palsy

(www.emedicine.com)

6. Etiologi Hipertensi

Umumnya hipertensi pada anak merupakan hipertensi sekunder yang perlu dicari penyebabnya dan sebagian besar dapat ditanggulangi sehingga pemberian obat seumur hidup dapat dihindari. Secara umum, penyebab hipertensi pada anak dapat disebabkan penyebab renal, vaskular, endokrin, dan lain-lain. Hipertensi pada anak terutama disebabkan oleh kelainan renoparenkim dengan penyebab terbanyak adalah glomerulonefritis akut pasca streptokokus. Beberapa penyebab hipertensi pada anak antara lain:

Tabel 2. Penyebab hipertensi akut dan kronik pada penyakit anak

(www. pedsinreview.aappublications.org)

Akut

Kronik

Ginjal

· Glomerulonefritis akut pasca streptokokus

· Sindrom hemolitik uremik

· Nefritis akut

· Gagal ginjal akut

· Operasi traktus urinarius dan ginjal

Ginjal

· Gagal Ginjal Kronis

· Glomerulopati kronis

· Uropati Obstruktif

· Polikistik Ginjal (dominan / resesif)

· Nefropati Refluk

· Transplantasi Postrenal

Vaskular

· Embolus/ trombosis arteri renal

· Patent Ductus Arteriosus

Vaskular

· Stenosis arteri renal

· Koarktasio Aorta

· Vaskulitis Sistemik

· Syndrom William

Obat-obatan

· Steroid

· Dekongestan

· Oral kontrasepsi

· Amphetamine, Cocain, Phencyclidine

· Beta-Adrenergik agonis/theophylin

· Cafein/nikotin

Obat-obatan

· Steroid

· Eritropoetin

· Siklosporin/Tacrolimus

· Oral Kontrasepsi

Trauma

· Luka bakar

· Traksi (terutama femur)

· Peningkatan tekanan Intrakranial

· Trauma Spinal

Endokrin

· Pheochromacytoma

· Sindrom Cushing

· Hiperplasia adrenal kongenital

· Hipo/hypertiroid

· Neuroblastoma

· Hiperparatiroid

· Hiperaldoteronism primer

· Endokrinopatis hipertensi genetik

Lain-lain

· Peningkatan volume intravascular

· Hiperkalsemia

· Disfungsi Otonom (Guillain Barre)

· Ansietas

Lain-lain

· Hipertensi esensial

· Obesitas

· Bronkopulmonary displasia

· Peningkatan tekanan intrakranial

· Kehamilan

Tabel 3. Penyebab Tersering Hipertensi pada berbagai kelompok umur

(www.emedicine.com)

Neonatus

1-6 tahun

7-12 tahun

Adolesen

· Trombosis vena atau arteri renal

· Anomali Renal Kongenital

· Bronkopulmonary Displasia

· Koarktasio Aorta

· Stenosis Arteri Renal

· Penyakit parenkim Ginjal

· Tumor Wilms

· Neuroblastoma

· Koarktasio aorta

· Penyakit parenkim ginjal

· Abnormal Renovaskular

· Penyebab endokrin

· Hipertensi esensial

· Prematur?

· Hipertensi esensial

· Penyakit parenkim ginjal

· Penyebab endokrin

· Prematur?

7. Tahapan Pemeriksaan Penunjang pada Hipertensi (Hardiono et al,2005)

Pemeriksaan tahap I untuk evaluasi diagnostik kearah penyebab hipertensi sekunder :

Pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit ginjal :

Urinalisis, biakan urin

Kimia darah (kolesterol, albumin, globulin, asam urat, ureum, kreatinin)

Klirens kreatinin dan ureum

Darah lengkap

Pielograf intravena (bila skanning ginjal dan USG tak tersedia

Pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit endokrin

Elektrolit serum

Aktivitas renin plasma dan aldosteron

Katekolamin plasma

Katekolamin urin dan metabolitnya dalam urin

Aldosteron dan metabolit steroid dalam urin

(17 ketosteroid dan 17 hidrokortikosteroid)

Evaluasi akibat hipertensi terhadap organ target

EKG, foto Rontgen dada dan ekokardiografi

Pemeriksaan tahap II evaluasi diagnostik ke arah penyebab hipertensi sekunder

ASTO, Komplemen (C3), kultur apus tenggorok/keropeng infeksi kulit

Sel LE, uji serologi untuk SLE

Miksio sistouretrografi (MSU)

Biopsi Ginjal

CT Ginjal

Tc 99m DTPA atau DMSA Scan, Renografi

Arteriografi

Digital Substraction Angiography (DSA)

CT kelenjar adrenal atau abdomen

Scanning Adrenal dengan I 131 meta-iodobenzilguanidin

Katekolamin vena kava

Analisis aldosteron dan elektrolit urin

Uji Supresi dengan deksametason

Renin Vena renalis

8. Dosis Obat Anti Hipertensi Oral Pada Anak (Hardiono et al,2005)

Klasifikasi/Nama Obat

Dosis per hari

Awal

Dosis per hari

Maksimal

Interval dosis

Diuretika

Hidroklorotiazid

Klortalidon

Spironolakton

Furosemid

1 mg/kg

1 mg/kg

1 mg/kg

2 mg/kg

4 mg/kg

2 mg/kg

3 mg/kg

6 mg/kg

tiap 12 jam

sekali sehari

tiap 12 jam

tiap 6-8 jam

Penghambat Adrenergik

Penghambat Beta Propanolol

0,5 mg /kg

10 mg/kg

Tiap 8 jam

Penghambat alfa

Prazosin

0,05 mg/kg

0,4 mg

Tiap 8 jam

Penghambat alfa-beta

Labetalol

1-3 mg/kg

3 mg/kg

Tiap 12 jam

Antiadrenergik sentral

Klonidin

Metildopa

0,002 mg/kg

5 mg/kg

0,06 mg

40 mg/kg

Tiap 8 jam

Tiap 6-8 jam

Bekerja pada ujung-ujung saraf simpatik

Reserpin

0,02-0,07 mg/kg

2,5 mg

Sekali sehari

Vasodilator langsung

Hidralazin

Minoksidil

1-2 mg/kg

0,1-0,2 mg/kg

8 mg/kg

1-2 mg/kg

Tiap 8-12 jam

Tiap 12 jam

Calcium Channel Blockers

Nifedipine

Diltiazem

0,25 mg/kg

2 mg/kg

1 mg/kg

3,5 mg/kg

Tiap 6-8 jam

Tiap 12 jam

ACE Inhibitors

Captopril

Enalapril

0,5 mg/kg, Neonatus 0,05-0,5 mg/kg

0,08-0,1 mg/kg

5 mg/kg

1 mg/kg

Tiap 8 jam

Tiap 24 jam

BAB. III

KRISIS HIPERTENSI

1. Definisi Krisis Hipertensi

Hipertensi krisis merupakan peninggian tekanan darah secara akut yang mengganggu fungsi organ vital tubuh yang dapat mengancam jiwa. Hipertensi krisis didefinisikan sebagai tekanan darah sistolik > 180 mmHg dan atau diastolik > 120 mmHg atau setiap tingkat hipertensi (sistolik <> 1 ½ kali batas atas tekanan darah normal berdasarkan umur dan jenis kelamin. (www.idai.or.id)

2. Manifestasi Klinik Hipertensi

Pada keadaan krisis hipertensi yang ditunjukkan dengan naiknya tekanan darah secara mendadak dalam waktu yang cepat dapat timbul ensefalopati hipertensif yang ditandai kejang baik kejang fokal maupun kejang umum, diikuti dengan penurunan kesadaran dari somnolen sampai koma.

Manifestasi klinik ini lebih sering terlihat pada hipertensi anak daripada orang dewasa.

Manifestasi krisis hipertensi ini sering dikacaukan dengan epilepsi dan bila tekanan darah tidak diukur maka diagnosis krisis hipertensi sebagai penyebab ensefalopati akan terlewatkan begitu saja. Manifestasi lain ensefalopati hiper tensif adalah hemiplegia, gangguan penglihatan dan pendengaran, parese nervus fasialis.

Pada pemerikasaan funduskopi dapat ditemukan kelainan retina berat berupa perdarahan, eksudat, edema pupil, atau penyempitan pembuluh darah arteriol retina.

Krisis hipertensi jarang meninggalkan gejala sisa, bila penurunan tekanan darah segera dilaksanakan dengan menggunakan obat antihipertensi secara adekuat. Walaupun demikian, ditemukan atrofi otak pada pemeriksaan computer tomography. Manifestasi klinik krisis hipertensi lainnya adalah dekompensatio cordis dengan edema paru yang ditandai dengan gejala edema, dispnu, sianosis, takikardi, ronkhi, kardiomegali, suara bising jantung dan hepatomegali.

Pada pemeriksaan foto thoraks terlihat pembesaran jantung dengan edema paru. Sedang pada pemeriksaan EKG kadang-kadang dapat ditemukan pembesaran ventrikel kiri. Manifestasi dekompensatio cordis ini lebih sering ditemukan pada bayi. Gangguan faal ginjal selain dapat diakibatkan oleh krisis hipertensi juga dapat ditimbulkan oleh hipertensi berat kronik yang menetap.

Umumnya manifestasi klinik hipertensi berat atau krisis hipertensi pada bayi dan anak hampir selalu penyebabnya berkaitan dengan hipertensi sekunder. (Husein Alatas et al,2002)

3. Pengobatan Krisis Hipertensi

Prinsip pengobatan hipertensi krisis adalah menurunkan tekanan darah secepat mungkin dengan obat antihipertensi yang onsetnya cepat, mencegah dan menanggulangi kerusakan organ target, dan mencari penyebab hipertensi. Obat-obat yang bekerjanya paling cepat adalah obat parenteral seperti natrium nitroprusid dan diazoksida tetapi kedua obat ini jarang digunakan. Natrium nitroprusid diberikan melalui pompa infus dengan dosis yang dititrasi, 0,5 - 8 mg/kgbb per menit. Penggunaan obat ini memerlukan pengawasan ketat dan biasanya dilakukan di ruang perawatan intensif. Diazoksida diberikan secara intravena dengan dosis 2 - 5 mg/kgbb dengan bertahap. Respons obat ini sangat cepat dan responsnya sering tidak dapat diprediksi.

Obat yang sering digunakan adalah klonidin drip. Nifedipin sublingual/oral mulai banyak digunakan karena pemberiannya mudah, tidak memerlukan ruang perawatan intensif, dan hasilnya cukup memuaskan.

1. Klonidin

Klonidin diberikan per drip dikombinasi dengan furosemid. Klonidin dilarutkan dalam 100 ml glukosa 5% dalam buret infus dan diberikan secara infus menggunakan mikrodrip. Dosis awal klonidin drip adalah 0.002 mg/kgbb/8 jam atau 12 tetes mikrodrip per menit dengan dosis maksimal 36 tetes mikrodrip per menit (3 kali lipat dosis awal atau 0,006 mg/kgbb/8 jam). Tekanan darah diukur secara berkala setiap 30 menit sampai tekanan darah diastolik < 100 mmHg, dan selanjutnya setiap 1-3 jam sampai tekanan darah stabil.
Secara praktisnya, pemberian klonidin drip adalah sebagai berikut: pada permulaan diberikan klonidin 12 tetes mikrodrip per menit. Bila tekanan darah tidak turun, setiap 30 menit dosis dinaikkan 6 tetes per menit sampai tekanan darah diastolik turun di bawah 100 mmHg dengan dosis maksimal 36 tetes mikrodrip per menit. Klonidin drip dikombinasi dengan diuretik furosemid 1-2 mg/kgbb/kali diberikan 2-3 kali sehari. Bila dengan klonidin drip dosis maksimal tekanan darah diastolik belum turun di bawah 100 mmHg, ditambahkan kaptopril oral dosis 0,3 mg/kgbb/kali 2-3 kali sehari dengan dosis maksimal kaptopril adalah 2 mg/kgbb/kali. Bila tekanan darah turun di bawah 100 mmHg, tetesan klonidin drip diturunkan bertahap sambil diberikan kaptopril oral dengan dosis sama seperti di atas. Bila tekanan darah belum turun juga, dapat ditambahkan obat beta bloker atau alfa-metil dopa.

2. Nifedipin

Nifedipin diberikan sublingual dosis 0.1 mg/kgbb/kali dan bila tekanan darah tidak turun, dosis dinaikkan 0,1 mg/kgbb/kali setiap 30 menit sampai tekanan darah diastolik turun di bawah 100 mmHg dengan dosis maksimal 10 mg/kali. Tekanan darah diukur secara berkala setiap 30 menit sampai tekanan darah diastolik < style=""> stabil.
Secara praktisnya, nifedipin disediakan dalam kemasan pulvis 2,5 mg per bungkus. Pemberian obat diawali dengan nifedipin 0,1 mg/kgbb/kali (1 pulvis atau 2,5 mg) dan bila tekanan darah tidak turun, dosis dinaikkan setiap 30 menit menjadi 5 mg ( 2 pulvis), kemudian 7,5 mg (3 pulvis) sampai tekanan darah diastolik turun di bawah 100 mmHg dengan dosis maksimal 10 mg/kali (4 pulvis).
Nifedipin dikombinasi dengan diuretik furosemid 1-2 mg/kgbb/kali diberikan 2 kali sehari. Bila tekanan darah diastolik sudah < 100 mmHg, diberikan nifedipin oral dengan dosis 0,25 - 1 mg/kgbb/hari 3-4 kali sehari. Bila dengan nifedipin dosis maksimal tekanan darah diastolik belum turun di bawah 100 mmHg, ditambahkan kaptopril oral dosis 0,3 mg/kgbb/kali diberikan 2-3 kali sehari dengan dosis maksimal kaptopril 2 mg/kgbb/kali. Bila tekanan darah belum turun juga, dapat ditambahkan obat beta bloker atau alfa-metil dopa.
Selain pemberian obat antihipertensi, dilakukan juga terapi suportif seperti diet rendah garam, mengatasi manifestasi klinis yang terjadi, serta mencari penyebab hipertensi dan menanggulanginya (www.idai.or.id)

BAB IV

KESIMPULAN

Mengenal hipertensi pada anak jauh lebih sulit daripada orang dewasa, karena batasan hipertensi tergantung pada umur, jenis kelamin, tinggi dan berat badan. Berbagai etiologi sebagai penyebab hipertensi perlu ditegakkan secara teliti sebelum menyatakan bentuk hipertensi mengingat hipertensi pada anak-anak dan adolesen adalah tipe sekunder. Hipertensi pada anak memerlukan penanganan yang cepat dan adekuat. Keterlambatan tata laksana hipertensi dapat berakibat fatal bagi pasien.

Hipertensi krisis dapat timbul mendadak tanpa diketahui penyakit sebelumnya atau merupakan akibat hipertensi yang sudah ada sebelumnya. Hipertensi krisis dapat menyebabkan ensefalopati, gagal jantung, gagal ginjal, edema paru, dan retinopati. Penanggulangan hipertensi krisis harus segera dilakukan untuk mencegah kerusakan organ target sebagai akibat tingginya tekanan darah

DAFTAR PUSTAKA

1. Husein Alatas, et al.2002. Buku Ajar Nefrologi Anak edisi 2. Jakarta : Ikatan Dokter Anak Indonesia. Hal 242-287

2. Hardiono D. Pusponegoro, et al.2005. Standar Pelayanan Medis Kesehatan Anak edisi 1. Jakarta : Ikatan Dokter Anak Indonesia. Hal 166-175

3. Singadipoera, Boed S,dr, DSAK.1993. Ilmu Kesehatan Anak Nefrologi Anak. Bandung : FK UNPAD-RS Hasan Sadikin. Hal 46-69

4. Sudung O Pardede.2004. Tata laksana Hipertensi Krisis Pada Anak. www.IDAI.or.id

5. Nanan Sekarwana. Hipertensi Pada Anak. www.IDAI.or.id

6. Victoria F. Norwood, MD. 2002. Hypertension. http://pedsinreview.aappublications.org

7. Adrian Spitzer, MD.2004. Hypertension. www.emedicine.com


SILAHKAN DINIKMATI, BUKAN BUATAN SENDIRI, HANYA ARSIP DARI SEORANG TEMAN

6 komentar:

  1. Wah, anak2 sudah bisa terkena hipertensi ya...
    Terima kasih sudah berbagi info yang sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Waw informasinya keren banget..!!! detail sekali :) Peace

    BalasHapus
  3. keren ya....blognya bagus,ditambah lg mas brow, ngomong2 tentang hipertensi anak,kurva ama data persentilnya dicantumin biar tambah mantap ni blog, cayoooo

    BalasHapus